Cake Kukus Pisang dan Chocochips

17.16

Resep aslinya bisa dilihat di sini ya :) Rasanya lembut, moist, padat, manisnya pas. Enak deh buat cemil-cemil sore sambil minum teh. (Sekali lagi saya bilang bahwa mungkin di kehidupan sebelumnya, saya ini anggota keluarga kerajaan yang doyan ngeteh sambil ngemil cantik di sore hari. Walaupun sekarang cuma mbak-mbak mahasiswa yang lagi keringetan ngetik resep di depan laptop. I know it's gross. Dan sumpah sekali lagi ini diabaikan aja).


Bahan:
- 300 gram pisang ambon, lumatkan dengan garpu, jangan diblender (aku pake pisang susu yang udah mateng banget)
240 gram tepung terigu serba guna (mis. segitiga biru)
- 2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam
- 200 gram gula pasir
- 200 ml susu cair
- 1 1/2 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk 
- 3 butir telur ayam, kocok lepas 
- 120 ml mentega/margarine cair 
- 150 gram choco chips (aku 100gr) 
- 150 gram yoghurt (optional. aku mah ga pake) 




Cara:
  1. Siapkan loyang, olesi mentega secara kemudian taburi tepung secara merata
  2. Panaskan dandang kukusan. Gunakan api sedang
  3. Siapkan mangkuk, ayak tepung, baking powder dan garam
  4. Di mangkuk lain (mangkuknya yang besar ya), lumatkan pisang dengan garpu
  5. Tambahkan ayakan tepung. Aduk rata menggunakan spatula
  6. Tambahkan gula pasir dan vanilla extract, aduk rata.
  7. Masukkan susu dan telur kocok sambil diaduk rata. Kalau aku agak susah nyampur tadi, jadi dimikser sebentar pake speed rendah. Cuma biar kecampur rata aja.
  8. Tuang mentega cair perlahan-lahan ke dalam adonan sambil diaduk rata.
  9. Masukkan chocochips, aduk rata.
  10. Tuang adonan ke dalam cetakan, masak kurleb 50 menit. Setelah 50 menit, tes tusuk dengan lidi. Kalau udah ga ada adonan nempel berarti udah jadi.
  11. Dinginkan 5-10 menit sebelum dilepas dari cetakan

 

You Might Also Like

0 komentar