Poffertjes

11.02



Bahan:
1. Susu cair 250 ml (aku pake ultra full cream)
2. Tepung terigu 200gr (aku pakai segitiga biru)
3. Garam 1/2 sdt
4. Ragi instant 1 sdt (fermipan)
5. Telur 2 butir (suhu ruang)
6. Mentega 60 gr (lelehkan)
7. Gula halus (untuk taburan)

Cara:
1. Aduk bahan kering jadi satu
2. Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata dengan whisk, masukkan telur
3. Diamkan kurang lebih 45 min - 1 jam di tempat gelap dan hangat
4. Masukkan mentega cair, aduk rata
5. Olesi loyang poffertjes dg mentega dan panaskan dg api besar
6. Jika sudah panas, kecilkan api hingga api lilin dan mulai tuang adonan
7. Jika pinggirnya udah keliatan kering, cungkil dg tusuk sate dan balik
8. Tunggu hingga berwarna kuning keemasan dan matang
9. Hidangkan dengan gula halus

Kalo mau nambahin keju bisa diparut aja ke adonan, atau kalo caraku keju dipotong kotak2, kalo adonan udah setengah mateng masukkin keju kotak kecil itu ke dalem adonannya. Bisa juga dimasukkin meses.
Tapi yah aku pake susu 250ml itu empuk tp ga lembut bgt, mungkin susunya bisa ditambah 20-35ml lagi. Atau telurnya ditambahin? Pengennya kaya poffertjesnya Toko Oen yang meleleh leleh nikmat yang sekotak isi 20 harganya 16 ribu ituh :')
Aku ngistirahatinnya 45 menit. Mungkin kalo sejam hasilnya lebih bagus.
Terus gula halusnya aku pake yg superfine, dicampur pake kayu manis bubuk biar wangi. Plus ditambah parutan keju

You Might Also Like

0 komentar