Bibim Guksu (비빔국수)

11.49

Jadiii dulu secara ga sengaja nemu si Arniss toko bahan makanan korea gituu di sebelah Seni Rasa habis beli kapkek buat Menet, Kutil, sama Cepi yang mau wisudaan. Bener-bener gak sengaja. Jalan gitu kaaan, terus berhenti sebentar ngeliatin toko sebelah hingga menemukan banner bertuliskan "JUAL BAHAN MAKANAN KOREA." WHOO-HOO! Terus iseng masuk disertai dengan komentar Onna, "biasa aja nin mukanya..." Dikarenakan Anindya memasang muka overexcited. Waktu itu cuma beli bubuk kari sama es krim kopi gitu aja. Pulang dari situ langsung cerita gitu sama sahabat-sahabat penggemar Kekoreaan deh kalo nemu toko ituu.
Nah terusss akhirnya kemarin habis ngampus nemenin Riri beli miyeok (rumput laut) di Arniss gara-gara dia pengen bikin miyeokguk. Habis itu ikut-ikutan beli somyeon sama doenjang. Soalnya ada doenjang kemasan kecil. Walaupun tokonya kecil, si Arniss ini jualannya lumayan lengkap lhoo. Ada bumbu-bumbu macem gochujang, doenjang, mulyeot, rice vinegar, terus ada juga beras dan mie-miean lain semacam somyeon, dangmyeon (yang buat bikin japchae), ada macem-macem ramyun juga, ada sayuran kering macem gosari, ada bubuk2 buat bikin acorn jelly, ada bahan-bahan makanan beku juga. Nah si Arniss ini ada di sebelah seni rasa persis. Kalau dari arah jatingaleh, lurus aja naik tanjakan gombel, nah gang gede pertama yang ada show room mobil itu belok kiri. Lurus aja dikit kurleb 100 meter. Tempatnya ada di kanan jalan.
Nah resepku ini campuran antara resepnya Maangchi sama My Korean Kitchen


somyeon. Pic from here

 
gochujang. Pic from here

Bahan:

180gr Somyeon (aku pakai merk Sempio)
1 butir telur rebus
Fine sliced cucumber untuk topping, sedikit saja
Biji wijen untuk taburan
Saus:
2 tbsp gochujang
1 tbsp minyak wijen
2 tbsp cuka (aku pakai cuka masak biasa yang 25% itu)
1 tbsp madu
1 tsp gula
3 tbsp kimchi, chop finely
1 tbsp kimchi jucie (airnya kimchi)



Cara:
  1. Rebus telur hingga matang, dinginkan, kupas dan potong menjadi 2 bagian
  2. Sembari menunggu telur matang, campur bahan-bahan saus hingga rata, simpan di lemari es
  3. Rebus somyeon hingga matang, somyeon ini cepat sekali matang, Untuk tahu tingkat kematangannya bisa diambil sedikit untuk dicicipi. Jika somyeon masih terasa agak keras, lanjutkan proses memasak. Namun apabila sudah terasa kenyal maka tandanya somyeon sudah matang.
  4. Bilas somyeon dengan air dingin.
  5. Tata somyeon di atas mangkuk/piring, siramkan sausnya, beri irisan mentimun, telur, dan taburi dengan biji wijen.
  6. Kalau mau makan, campur rata saus dan mienya. 맛있게 드세요!
for 2 servings




You Might Also Like

0 komentar